Punya Database Customer? Jangan Sia-siakan! Lakukan 5 Hal ini Untuk Meningkatkan Loyalitas dan Profit.

Mengetahui detail karakteristik pelanggan adalah elemen krusial untuk bisnis yang sukses. Database customer merupakan alat marketing paling efektif. Potensinya mulai dari meningkatkan brand awareness, loyalitas customer, hingga berpengaruh langsung pada profit. Berikut adalah 5 hal yang bisa kamu lakukan dengan database customer toko onlinemu!

1. Personalisasi Konten

Dengan data dalam genggaman, kamu bisa mendesain konten media sosial dan strategi kampanye produk sesuai dengan karakteristik customer kamu. Contohnya, jika ternyata kamu punya banyak customer gen-Z, konten-konten berbau meme dan tren Tik Tok akan jadi sangat menarik dan mengundang traffic ke akunmu.

2. Customer Service yang Lebih Baik

Ini berhubungan erat dengan tingkat loyalitas. Bayangkan kalau kamu bisa menyapa customer dengan nama, mengirimkan ucapan ulang tahun, mengetahui order langganan sang customer, atau bisa mengingatkan secara rutin untuk melakukan repeat order. Relasi yang personal ini tentu akan membuat customermu enggan berpaling ke brand lain!

3. Aktivasi Penawaran Promosi

Harga promosi, potongan harga, gift voucher, atau membership benefit adalah strategi efektif untuk menaikkan jumlah transaksi dalam periode waktu yang singkat. Jika kamu memiliki database, maka akan jadi lebih mudah untuk menentukan target promosi. Misalnya kamu ingin memberikan potongan harga untuk customer baru agar mereka tak segan melakukan repeat order atau bonus produk bagi customer yang telah melakukan transaksi beberapa kali sebagai apresiasi.

Ini bisa kamu dapatkan dengan membagikan link PesanLokal tokomu karena riwayat pembelian customer akan otomatis tercatat di sistem.

4. Tes ombak untuk merilis produk baru

Mengeskpansi katalog terkadang diliputi kekhawatiran. Kira-kira laku tidak ya? Bakal cocok kah dengan selera customer? Kualitasnya sudah oke belum ya? Apakah harga sudah sesuai?

Kamu bisa memanfaatkan database untuk memilih customer loyal yang kamu percaya dapat memberikan ulasan konstruktif. Sehingga kamu bisa menyempurnakan produk sebelum dirilis secara masif.

5. Meminta Testimoni

Testimoni penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnismu. Kamu bisa mengolahnya menjadi konten di media sosial juga. Dengan database, kamu dapat dengan mudah menghubungi customer untuk meminta feedback dan ulasan mereka atas produk maupun jasamu kapan saja.

Hal-hal di atas tentunya dapat dilakukan kalau kamu punya database customer. Nah masalahnya nih, saat ini banyak pebisnis yang merasa FOMO jika tidak bergabung dalam e-commerce atau berjualan melalui layanan ojol, lalu menggantungkan kegiatan transaksi sepenuhnya pada platform tersebut. E-commerce dan layanan ojol memang mendatangkan traffic, tapi di sisi lain ia mengambil otoritas pemilik bisnis atas database customer yang harusnya menjadi aset paling penting.

Kalau kamu ingin tool yang mempermudah jualan online dengan sistem otomatis mulai dari pricelist online interaktif, penjualan, pengiriman, hingga rekap transaksi dengan tetap memegang kendali penuh atas bisnis serta data customer, coba deh cek PesanLokal. Siapa tahu PesanLokal adalah solusi yang kamu butuhkan selama ini!